BERMAIN PERHITUNGAN MATEMATIKA DI DALAM EXCEL


APA ITU MICROSOFT EXCEL ?


Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer. 






MACAM-MACAM SEL DI MICROSOFT EXCEL ?

1. Sel Bebas
yaitu alamat sel yang tidak tetap dan akan berubah secara otomatis bila didrag ke sel lain, karena tanpa dikunci atau f4, serta untuk datanya bebas tidak urut.

lebih jelasnya silahkan cek disini ya

2. Sel Semi Absolut
Pada sel semi absolut ada tanda $ di salah satu posisi yaitu kolom atau baris, dengan kata lain semi absolut dibagi menjadi 2, pertama absolut kolom sebagai contoh $A1, kedua absolut baris sebagai contoh A$1. Alamat sel absolut kolom (contoh $A1) jika disalin ke posisi baru, kolom yang bersangkutan selalu tetap sedangkan baris akan berubah sesuai dengan posisi baru. Alamat sel absolut baris (contoh A$1) jika disalin ke posisi baru, baris yang bersangkutan selalu tetap, sedangkan kolomnya akan berubah mengikuti posisi yang baru. Tanda $ untuk menunjukkan absolut (kolom atau baris) dapat anda ketik secara manual atau dengan menekan tombol fungsi F4 dengan cara menempatkan penunjuk sel pada alamat sel yang akan diabsolutkan.

lebih jelasnya silahkan cek disini ya

3. Sel Absolut
Alamat sel yang semua selnya bernilai tetap/absolut/tidak berubah jadi, jika di drag (diseret) nilainya akan tetap seperti hasil pertama, dan untuk datanya tidak harus dimulai dari angka 1.

lebih jelasnya silahkan cek disini ya

BAGAIMANA CARA MEMBUAT OPERASI MATEMATIKA SEDERHANA DI MICROSOFT EXCEL ?

Operasi matematika sederhana ini dibuat menggunakan jenis sel semi absolut. Caranya dengan mengunci salah satu selnya atau menggunakan F4, kemudian di drag ke sel berikutnya sampai sel yang diinginkan. Jangan lupa untuk sesuaikan dengan rumus matematika yang tepat ya.

1. Penjumlahan menggunakan +
2. Pengurangan menggunakan -
3. Perkalian menggunakan *
4. Pembagian menggunakan /
5. Perpangkatan menggunakan ^

lebih jelasnya silahkan cek disini ya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALIRAN MUSIK